Solusi Agribisnis Modern Di Lahan Terbatas

Agribisnis bisa menjadi salah satu solusi untuk Anda yang memiliki hobi budidaya tanaman. Tapi bagaimana jika tidak memiliki lahan luas? Bisakah menanam di pekarangan rumah? Tentu bisa! Salah satu agribisnis yang banyak digemari saat ini dengan memanfaatkan sistem budidaya tanaman dan ikan seperti teknik Wolkaponik dan Vertiminaponik. Bagaiamana penjelasannya? Mari kita simak sebagai berikut.

Vertiminaponik adalah gabungan antara vertikultur, hidroponik dan akuaponik dalam skala kecil, karena memang dikembangkan untuk daerah perkotaan yang memiliki lahan sempit. Cara kerja Vertiminaponik dengan mengalirkan air secara terus menerus menggunakan pompa akuarium dari bak pemeliharaan ikan sebagai penyiraman dan suplai hara tanaman. Tanaman yang dihasilkan dari vertiminaponik ini bersifat organik karena tidak memakai nutrisi kimia untuk memupuk tanaman, tetapi menggunakan bahan organik dari kotoran ikan.

Sedangkan Wolkaponik merupakan model pengembangan dari vertiminaponik. Teknologi tersebut terdiri dari dua subsitsem utama: subsistem hidroponik (tanaman sayuran) dan subsistem akuakultur (budidaya ikan). Prinsip penanaman wolkaponik ini dilakukan secara vertikal guna menghasilkan lebih banyak tanaman dari model penanaman secara vertiminaponik. Pada Wolkaponik, wadah yang digunakan lebih banyak dan tersusun secara bertingkat ke atas. Beberapa tanaman yang cocok ditanam pada sistem Wolkaponik dan Vertiminaponik ini diantaranya: kangkung, selada, pakcoy dan pakcoy putih.

Secara umum, alat yang digunakan dalam sistem Vertiminaponik dan Wolkaponik tidak jauh berbeda seperti akuarium, media tanam, pompa air, pipa PVC, selang, filter, pot dan gergaji lubang. Bahan yang digunakan antara lain benih ikan, benih tanaman organik, media tanam apapun kecuali tanah, dan pakan ikan. Kegiatan agribisnis ini tentu sangat menguntungkan, dengan budidaya tanaman sekaligus bisa melakukan budidaya ikan. Alat dan bahan yang mudah ditemukan di toko bangunan juga mempermudah Anda untuk melakukan kegiatan ini.

Anda bisa memilih pipa PVC dari Bagong Jaya sesuai yang Anda butuhkan. Pipa PVC Bagong Jaya juga memiliki model talang yang mendukung kegiatan agribisnis Anda. Pipa Bagong Jaya memiliki harga yang lebih murah dengan kualitas terbaik dibandingkan dengan pipa lainnya. Sekarang Anda bisa menghasilkan uang meskipun hanya di rumah saja. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.